Sabtu, 07 September 2013

Kedahsyatan al - Fatihah


1. Merupakan surat yang paling Agung


Dari Abu Sa'id Rafi' Ibnul Mu'alla Radhiyallahu'anhu, beliau mengatakan, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam berkata kepada ku, Maukah kamu aku ajari sebuah surat paling agung dalam Al-Qur'an sebelum kamu keluar dari mesjid nanti ? Maka beliau pun berjalan dengan menggandeng tangan ku. Tatkala kami sudah hampir keluar maka aku berkata :'Wahai Rasulullah, Anda tadi telah bersabda  :'Aku akan mengajarimu sebuah surah yang paling agung dalam Al-Qur'an ? Maka beliau bersabda, "(surat itu adalah Alhamdulillahi Rabbil 'alamiin ( Surat Al-Fatihah), itulah As Sab'ul Matsaani (tujuh ayat yang paling sering diulang dalam shalat ) serta Al-Qur'an Al-'Adhim yang dikaruniakan kepada ku." (HR. Bukhari)

2. Surat yang tidak tercantum dalam kitab-kitab lainnya, selain hanya dalam Al-Qur'an saja

 Rasulullah SAW bersabda :
"Demi zat yng jiwau ada di dalam kuasa-Nya, tidak diturunkan di dalam Taurat, Injil, Zabur atau Al-Furqan, surat yang seperti  As-Sab'ul Matsaanii (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang). (HR. Ahmad)

3. Salah satu cahaya dari dua cahaya yang tidak diberikan kepada para Nabi sebelum Rasulullah SAW.

Sabda Rasulullah SAW. "Ibnu Abbas berkata, 'Ketika Jibril duduk di samping Rasulullah SAW. tiba-tiba terdengar suara dari atas kepalanya, 'Hari ini salah satu pintu langit di bukakan yang tidak pernah dibukakan sebelumnya, kecuali hari ini saja'. Malaikat itu lalu mengucapkan salam kepada Rasulullah SAW sambil berkata,'Saya memberikan kabar gembira kepada kamu dengan turunnya dua cahaya yang kedua cahaya itu akan diberikan kepada kamu dan tidak pernah diberikan kepada Nabi sebelum kamu. Kedua cahaya itu adalah surat Al-Fatihah dan akhir dari surat Al-Baqarah, dimana tidak ada satu doa pun yang disertai dengan surat Al-Fatihah atau akhir surat Al-Baqarah, kecuali aku akan memberikannya (akan mengabulkannya)'. (HR. Muslim dan Nasai)

4. Meringankan siksa

Rasulullah SAW. bersabda :
"Suatu kaum betul-betul disiksa oleh Allah, lalu tiba-tiba salah seorang dari putranya membaca surat Al-Fatihah di rumahnya dan Allah mendengar bacaan tersebut, maka Allah mengangkat siksa mereka karena bacaan surat Al-Fatihah dari putra putrinya itu selama empat puluh tahun."
(Riwayat Imam Fakhruddin Ar-Razi dalam Mafatihul Ghaib)

5. Mendapat pahala sepertiga Al-Qur'an jika membacanya

Bacalah Al-Fatihah, karena jika Anda membaca Al-Fatihah sama artinya dengan  Anda telah membaca sepertiga isi Al-Qur'a. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Membaca Al-Fatihah pahalanya sepertiga Al-Qur'an.

6. Langsung mendapat jawaban Allah ketika kita membacanya

"Dikatakan kepada Abu Hurairah, 'Kami berada dibelakang imam. Maka Abu Hurairah berkata : "Bacalah Al-Fatihah itu didalam hatimu, karena aku peranh mendengar Rasulullah SAW bersabda :"Allah Ta'ala berfirman, 'Aku telah membagi dua bagian antara diriku dengan hamba -Ku. Dan bagi hambaku apa yang ia minta' Jika ia mengucapkan:' Alhamdulillahi rabbil'alamin', maka llah berfirman, 'Hambaku telah memuji-Ku' Arrahmanirrahim', maka Allah berfirman,' Hamba-Ku telah memuliakan-Ku'. Dan pernah Abu Hurairah menuturkan, "Hamba-Ku telah berserah diri kepada-Ku'. Jika ia mengucapkan,' Iyyaaka na'buduwa iyyaaka nasta'in', maka Allah berfirman,' Inilah bagian diri-Ku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta'. Dan jika ia mengucapkan,' Ihdinashiraathalmustaqiim shiraathaladziina an'amta'alaihim ghairil magdhuubi alaihim waladldlaain'. Maka Allah berfirman,' Untuk hamba-Ku dan bagi hamba-Ku pula apa yang ia minta." (HR. An-Nasa'i)

7. Sebagai Obat Penyakit Hati

Penyakit hati yang dimaksud bukan organ tubuh, tetapi Kolbu. Ibnul Qoyyim Al-Jawzi dalam kitabnya, Madarijus Salikin Juz 1 (halaman 52-58), menjelaskan bahwa Al-Fatihah mengadung obat untuk penyakit hati (Rohani).
Al-Fatihah ini akan menjadi obat jika dibacadan diikuti dengan ibadah yang benar dan ikhlas karena Allah SWT.
"Wahai Manusia ! Sungguh telah datang kepada mu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus : 57)

8. Sebagai obat segala macam penyakit

Sabda Rasulullah kepada Jabir bin Abdullah, "Wahai Jabir, maukah kamu Saya ajarkan surat yang paling utama yang diturunkan Allah dlam kitab-Nya, Jabir menjawab 'Tentu saja, demi ayah dan ibuku. Rasul Allah, ajarkanlah surat itu kepada ku.' Kemudian Rasulullah SAW mengajarkan kepadanya, Alhamdulillah, Umm Al-Kitab, seraya berkata,' Maukah aku beritakan lebih lanjut tentang Al-Fatihah' Jabir menjawb,' Tentu saja, demi ayah dan ibu ku. Ya Rasul Allah, beritakan lah itu kepadaku.' Rasulullah SAW bersabda,' Al-Fatihah itu obat dari segala penyakit kecuali kematian."

9.Sebagai obat tesengat binatang berbisa

"Sejumlah sahabat Rasulullah SAW pergi dalam sebuah safar (perjalanan) yang mereka tempuh, hingga mereka singgah di sebuah perkampungan Arab. Mereka kemudian meminta penduduk kampung tersebut agar menjamu mereka, namun penduduk kampung itu menolak. Tak lama setelah itu, kepala suk dari kampung tersebut tersengat binatang berbisa. Penduduknya pun mengupayakan segala cara pengobatan, namun tidak sedikit pun yang memberikan manfaat untuk kesembuhan pemimpin mereka. Sebagian mereka berkata kepada yang lain, "Seandainya kalian mendatangi rombongan yang tadi singgah di tempat kalian, mungkin saja diantara mereka punya obat (yang bisa menghilangkan sakit yang diderita pemimpin kita)." Penduduk kampung pun mendatangi rombongan sahabat Rasulullah yang tengah beristirahat tersebut, seraya berkata , "Wahai sekelompok orang, pemimpin kami disengat binatang berbisa. Kami telah mengupayakan berbagai cara untuk menyembuhkan sakitnya, namun tidak satu pun tang bermanfaat. Apakah dari kalian ada yang memiliki obat ?" Salah seorang sahabat berkata, Iya, demi Allah, aku bisa meruqyah. Akan tetapi, demi Allah, tadi kami minta di jamu namun kalian enggan untuk menjamu kami. Maka aku tidak akan meruqyah untuk kalian hingga kalian bersedia memberikan imbalan kepada kami.' Mereka pun bersepakat untuk memberikan sekawanan kambing sebagi upah dari ruqyah yang akan dilakukan. Sahabat itu pun pergi untuk meruqyah pemimpin kampung tersebut. Mulailah ia meniup disertai sedikit meludah dan membaca Alhamdulillahi rabbil 'alamin (Surat Al-Fatihah). Sampai akhirnya pemimpin tersebut seakan-akan terlepas dari ikatan yang mengekangnya. Ia punpergi berjalan, tidak ada lagi rasa sakit (yang membuatnya membolak-balikkan tubuhnya di tempat tidur). Penduduk kampung itu lalu memberikan imbalan sebagai mana telah disepakati sebelumnya. Sebagian sahabat berkata, 'bagilah kambing itu', namun sahabat yang meruqyah berkata, 'Jangan kita lakukan hal itu sebelum kita menghadap kepada Rasulullah SAW lalu kita ceritakan kejadiannya, dan kita tunggu apa yang akan diperintahkan'. Meraka pun menghadap Rasulullah SAW lalu mengisahkan apa yang telah terjadi. Beliau bertanya kepada sahabat yang melakukan ruqyah, "dari mana kamu tahu bahwa Al-Fatihah itu bisa dibaca untuk meruqyah ?' Kalian benar, bagilah kambing itu dan berikanlah bagian untukku bersama kalian. "HR. Bukhari dalam kitab Sahih no. 5749)

10. Pelindung saat tidur

Jika seorang muslim membaca surat Al - Fatihah ketika hendak tidur kemudian diikuti dengan membaca surat Al-Ikhlas dan Muwa'awwidzatain ( Al-Falaq dan An-Naas ) sebanyak tiga kali, maka insya Allah dia akan aman dari segala hal yang membahayakan kecuali kematian.

11. Menajamkan hati dan memperoleh ilmu

Jika Al-Fatihah dibaca oleh seorang muslim seitap selesai sholay wajib dengan penuh kekhusukkan dan terus menerus, maka orang yang bersangkutan akan mendapatkan ketajaman hati dan keluasan ilmu dari Allah.

12. Ruqyah (Mengusir Jin dari tubuh Manusia)

Al-Fatihah merupakan salah satu rangkaian doa ruqyah untuk mengusir jin dari tubuh manusia dengan syarat ayat-ayat tersebut dibaca dengan bacaan yang benar dan dibaca dengan oleh seorang yang saleh, memiliki akidah yang lurus dan memahami syariah yang baik dan benar dan tetap berkeyakinan bahwa Allahlah yang menyembuhkan, sedangkan ruqyah hanya sebagai sarana saja.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan bahwa doa, zikir dan bacaan yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur'an adalah obat yang paling ampuh sebagai sarana untuk menghilangkan pengaruh sihir dari jin atau setan dalam diri manusia.

13. Sebagai obat sakit perut

Membaca Al-Fatihah dengan khusu' dan ikhlas kemudian ditiupkan ke dalam air. Kemudian air tersebut diminumkan kepada yang sakit, ditambah dengan meminum madu secukupnya. Insya Allah dengan izin Allah sakitnya akan sembuh.

14. Memudahkan urusan orang yang membacanya

Bagi siapa pun yang memiliki urusan dan keinginan/permohonan kepada Allah SWT maka perbanyaklah shlat sunnah dan membaca Al-Fatihah sepenuh hati setelahnya. Insya Allah, Allah akan memudahkan urusan dan memberikan yang terbaik baginya. Termasuk orang yang sedang mengusahakan rezeki, penghidupan yang lebih baik, perbaikan akhlak, menghadapi kesusahan dan kesedihan, dll.

15. Untuk mengawali setiap kegiatan

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa segala amal yang tidak dimulai dengan kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim maka amalan tersebut tidak akan diterima atau tidak memberi manfaat. Bahkan jauh sebelum Islam datang, orang arab telah terbiasa mengucapakan bacaan basmalah dalam memulai setiap perkataan dan perbuatan mereka karena mereka meyakini bahwa segala sesuatu yang tidak diawali dengan bacaan basmalah akan terputus berkahnya.

16. Sebagai tameng dari setan

Sabda Rasulullah SAW
"Jika seseorang keluar dari rumahnya, lalu membaca 'Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billah' (Dengan nama Allah, hamba bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas kehendak Allah), dikatakan kepadanya, Cukuplah kamu, kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dijaga dan setan menyingkir darinya." (HR. Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu hibban)

17. Menyelamatkan diri dari sembilan belas jilatan api neraka


Abdullah bin Mas'ud berkata, "Setiap orang yang ingin selamat dari jilatan sembilan belas jilatan api neraka hendaklah mengucapkan ,"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang ", karena Bismillaahirrahmaanirrahim berjumlah sembilan belas huruf. Dan Allah menjadikan setiap huruf sebagi penyelamat dari setiap api neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar